Sejarah

PT. Kelautan & Perikanan Cinta Indonesia didirikan di Borong, Kabupaten Manggarai Timur – Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur pada hari Minggu, 7 Juli 2019. Perusahaan ini merupakan sebuah perusahaan perdana yang berada di bawah payung Cinta Indonesia Group.

Adapun fokus perusahaan adalah bergerak di bidang kelautan dan perikanan dari hulu ke hilir. Potensi laut di Provinsi Nusa Tenggara Timur khususya dan Indonesia umumnya memberikan kesempatan yang besar bagi perusahaan untuk memanfaatkannya demi pemenuhan gizi masyarakat, kesejahteraan masyarakat nelayan dan keberlangsungan hidup perusahaan.

Pendirian perusahaan ini sebenarnya muncul dari suatu keprihatinan yang mendalam tentang kemiskinan yang dialami oleh masyarakat nelayan di pesisir. Di lain pihak ternyata Indonesia memiliki laut yang sangat luas dengan biota laut yang sangat kaya, antara lain ikan, cumi-cumi, kerang, rajungan – kepiting, udang, tripang, kuda laut, gurita, rumput laut dan lain-lain. Janganlah heran bahwa ada banyak kapal asing yang mencuri ikan di lautan Indonesia. Tetapi bersyukurlah bahwa kita memiliki pemerintahan yang melindungi dan berusaha mengsejahterakan masyarakatnya. Kami adalah bagian dari Anak-anak Negeri yang ingin menumbuhkembangkan iklim kewirausahaan di Indonesia yang dimulai dengan pengembangan aneka potensi lokal di bidang kelautan dan perikanan. Kami ingin menjadi salah satu bagian yang ikut membangun Indonesia.

Dalam pengoperasian perusahaan, tentu ada banyak strategi yang diterapkan oleh manajemen perusahaan agar bisa menjadi sebuah perusahaan yang besar dan berdaya saing suatu saat nanti. Salah satu strategi utama perusahaan adalah bagaimana menyiapkan “Manusia Indonesia” yang berkualitas dengan sumber daya manusia (SDM) yang inovatif dan berdaya saing tinggi. Mereka adalah para Generasi Mudasebagaiaset utama yang membesarkan perusahaan. Kami yakin bahwa kondisi laut yang kaya dengan aneka biotanya dan didukung oleh SDM yang berkualitas, tentu akan menghantar perusahaan menjadi salah satu perusahaan Anak Negeri yang mampu membangun Bangsa Tercintadan memberikan makanan berupa ikan kepada masyarakat Indonesia dan dunia. Hal ini menjadi sinkron dengan moto perusahaan, yaitu “Kita Indonesia, Kita Semua Makan Ikan”.

Jika selama ini kita adalah penonton atas kapal-kapal asing yang mencuri ikan di lautan kita, maka sudah saatnya sekarang kita adalah tuan di atas laut kita sendiri. Semua Anak Negeri harus bergizi, sehat, mandiri dan sejahtera karena kekayaan laut kita. Untuk itu, perusahaan sangat mendukung berbagai program dan kegiatan pemerintah yang menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara penyuplai ikan terbesar di dunia yang memberikan makanan ikan kepada umat manusia. Suatu keterpanggilan dan kebanggaan besar bagi perusahaan karena ingin ikut mengharumkan nama Indonesia sebagai Rumah Kita Bersama. 

Maka untuk kemudahan operasional investasi dan pencapaian visi, manajemen perusahaan memilih kantor pusat di Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur karena lokasi ini merupakan salah satu fishing ground area di Indonesia, yaitu laut dengan ikan yang sangat banyak. Pemilihan Larantuka sebagai kantor pusat tentu melalui berbagai pertimbangan matang yang dilihat dari berbagai sudut pandang.

Kalau bukan kita ya siapa lagi dan kalau bukan sekarang ya kapan lagi.